Asuransi kecelakaan diri adalah produk yang melindungi orang yang mengalami kecelakaan sendiri, saat tidak berada di dalam kendaraan.Tidak seperti asuransi mobil, asuransi kecelakaan diri tidak menanggung kerusakan pada orang lain dan harta benda. Tidak seperti asuransi kesehatan, Anda dapat menggunakan asuransi kecelakaan diri sebagai suplemen untuk jenis asuransi lain, serta sebagai alternatif untuk asuransi properti dan kecelakaan.

Namun seperti semua produk, ada banyak faktor yang mempengaruhi premi yang harus dibayar oleh perusahaan Anda. Dalam posting ini saya akan mencoba menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi premi polis kecelakaan diri dan apa yang dapat mereka lakukan untuk Anda jika Anda berpikir untuk membeli semacam pertanggungan untuk karyawan Anda.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri (PAI) adalah bentuk asuransi yang menjamin cedera fisik, penyakit atau kerusakan harta benda. Manfaat utama dari asuransi kecelakaan diri adalah memberikan pertanggungan untuk biaya pengobatan yang terkait dengan cedera atau penyakit. Ada banyak jenis asuransi kecelakaan diri, tetapi semuanya memberikan layanan dasar yang sama. Penting untuk memahami perbedaan antara pertanggungan kecelakaan diri dan asuransi kesehatan. Biaya perawatan kesehatan dapat diimbangi dengan asuransi kesehatan, tetapi tidak dengan asuransi kecelakaan diri. Banyak orang mungkin berpikir “perawatan kesehatan preventif” adalah semacam “asuransi kecelakaan diri”, tetapi sebenarnya tidak. Jika Anda memiliki cakupan tabrakan otomatis, yang biasanya mencakup biaya pengobatan dan kehilangan pendapatan dari tagihan medis, Anda tidak dibayar untuk mendapatkan perawatan medis jika terjadi tabrakan mobil. 

Cakupan Asuransi Kecelakaan Diri

Pertanggungan kecelakaan diri tidak membayar biaya pengobatan yang timbul dari kecelakaan mobil dan tidak membayar tagihan medis yang terkait dengan jenis kecelakaan lain (misalnya, kecelakaan sepeda motor).

Secara umum, cedera tubuh meliputi:

  1. rasa sakit fisik dan ketidaknyamanan fisik
  2. cedera tubuh akibat cedera yang sebenarnya
  3. cedera tubuh akibat penerapan atau penggunaan kekuatan terhadap orang yang telah terluka
  4. cedera tubuh atau penyakit yang disebabkan oleh paparan zat atau lingkungan berbahaya termasuk penyakit radiasi
  5. cedera tubuh karena terpapar hewan (termasuk hewan peliharaan) jika menyebabkan cedera tubuh pada pemilik atau penghuninya

Selain itu, ada beberapa kondisi yang mengakibatkan hilangnya pendapatan karena cedera tubuh:

  1. kehilangan penghasilan karena Anda tidak dapat bekerja karena tubuh Anda terluka parah sehingga Anda tidak dapat lagi bekerja tanpa kehilangan sebagian atau seluruh penghasilan Anda (termasuk cacat fisik jangka panjang)
  2. kehilangan penghasilan karena cedera yang berhubungan dengan uang menyebabkan Anda tidak dapat bekerja di pekerjaan Anda dan/atau sakit yang menyebabkan Anda tidak dapat bekerja sama sekali; namun, bahkan jika Anda kehilangan upah karena jenis cedera tubuh ini sesuai dengan bagian ini dan masih menderita kerugian lain yang disebutkan dalam artikel ini, itu tidak mempengaruhi jumlah yang seharusnya dibayarkan berdasarkan bagian ini jika kerugian tersebut terjadi sebagai akibat langsung darinya. – Sebagai contoh, pertimbangkan skenario berikut: Anda sedang mengemudi pulang di jalan raya ketika kendaraan lain menabrak Anda secara langsung

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Jumlah premi yang dibayarkan tergantung pada faktor-faktor seperti siapa Anda, usia dan kesehatan Anda, apakah Anda memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya dan di mana Anda tinggal. Misalnya, premi yang lebih tinggi dikenakan di daerah dengan kecelakaan lalu lintas yang tinggi seperti daerah pedesaan atau kota kecil. Selain itu, faktor lain yang juga mempengaruhi jumlah premi yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

  1. Usia Tertanggung. Usia mempengaruhi harga premi
  2. Riwayat Kesehata
  3. Kebiasaan Merokok
  4. Jenis Pekerjaan
  5. Besarnya Uang Pertanggungan (UP)
  6. Masa Kontrak Polis
  7. Jenis Asuransi

Pastikan sebelum Anda membeli produk asuransi, Anda telah membaca secara rinci mengenai syarat dan ketentuan, cakupan, risiko, dan memastikan betul bahwa perusahaan yang Anda pilih merupakan perusahaan penyedia asuransi yang terpercaya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.